Sabtu, 26 Januari 2013

Pameran "PAGERMUDA" Di Pendopo Brebesa

PAGER MUDA
 (PAGUYUBAN PERUPA MUDA NGAPAK)

Liputan Pameran Artmosfer, pagermuda, di pendopo kabupaten Brebes, Bulan April-Mei 2012.

           Para perupa muda yang tergabung dalam Paguyuban Perupa Muda Ngapak (PAGERMUDA), akan berpameran bersama di pendopo Kabupaten Brebes. Pameran akan berlangsung dari mulai tanggal 27 April sampai dengan 1 Mei 2012. Pameran yang diketuai oleh Alik Setiawan S.Sn., yang merupakan alumni ISI Yogyakarta. Pameran pada kali ini mengangkat tema Artmosfer, dengan maksud untuk menciptakan iklim berkesenian di kabupaten Brebes. Pameran Artmosfer diharapkan menjadi stimulan bagi para perupa muda Brebes dalam berkesenian khususnya seni rupa. Disamping itu membuktikan pada masyrakat bahwa seniman Brebes itu memang ada dan berpotensi dalam mewujudkan iklim berkesenian yang kondusif dan maju. Dengan adanya pameran ini para seniman Brebes diharapkan dapat lebih giat lagi dalam memciptakan karya seni yang berkwalitas dan dapat diapresiasi oleh masyarakat Brebes.
            Pameran Artmosfer sendiri di ikuti oleh para seniman muda seluruh Brebes, baik Brebes utara maupun selatan. Para perupa yang berpartisipasi dalam pameran kali ini antara lain, Sony Hendrawan, Alik Setiawan, Suyatno, Maskur Subaweh, Iwan K, M. Ali Sobah, Purwanto, Agus Pakujati, Bachtiar Fugara, Haris Zulfikar, Khaerunisa, dan Dwi Agung Wibowo. Selain itu menghadirkan pula karya seni lukis dari perupa senior Bumiayu, yaitu Bpk. Darsono. Dan karya-karya yang disuguhkan oleh para perupa Brebes ini cukup bervariasi, menarik, dan berbobot. Karya lukisan yang ditampung dalam pameran ini berjumlah sekitar enam puluh karya lukis dengan berbagai jenis aliran. Jenis lukisan yang dipamerkan mulai dari Naturalis, Realistik, Kaligrafi, Ekspresionis, Surealisme, Kontemporer hingga Abstrak.
           Dengan berbagai macam jenis lukisan yang akan ditampilkan, diharapkan dapat menjadi media pembelajaran bagi masyrakat. Pameran yang rencananya akan dibuka oleh ketua Dewan Kesenian Brebes, bapak Lukman Suyanto S.H. Rangkaian acara yang akan berlangsung dalam satu minggu, antara lain workshop berupa melukis, sketsa dan melukis model. Diharapkan rangkaian acara tersebut dapat menarik para apresiator. Acara melukis bersama akan dilakukan oleh para peserta pameran. Disini dapat disaksikan bahwa kemampuan teknik dari para seniman Brebes akan terlihat dan tidak kalah dengan seniman kota lain. Terlaksananya pameran ini berkat dukungan penuh dari Dewan Kesenian Daerah kabupaten Brebes, yang menampung kreativitas dari seniman muda Brebes.
              Dengan dilaksanakan pameran ini, diharapkan iklim berkesenian di kabupaten Brebes dapat dimunculkan. Karena di Brebes memang menyimpan potensi seni yang tidak sedikit. Kedepannya dukungan dan kerjasama dari semua pihak, dapat mewujudkan Atmosfer berkesenian yang produktif, aktif, berkwalitas dan kondusif. Diharapkan kedepannya event-event berkesenian akan sering diadakan di wilayah kabupaten Brebes, khususnya seni rupa yang dapat dikatakan belum terlalu  muncul di wilayah Brebes. Nantinya seni rupa di wilayah Brebes diharapkan akan sejajar dengan seni-seni lain, seperti seni musik.  Dengan hadirnya pameran Artmosfer, akan menjadi sinyal kebangkitan seniman muda Brebes. Dan membuktikan bahwa karya-karya seni dari seniman Brebes tidak kalah dengan seniman daerah lain.
Berikut dokumentasi dari pameran Artmosfer :
Dari kiri : Sony Hendrawan, Alik Setiawan, Ketua Dewan Kesenian Brebes Bpk. Lukman Suyanto, dan Yatno. Berpose di depan karya para peserta pameran.


Para anggota Pagermuda
Berdiri : Alik Setiawan, Agus Pakujati, Bpk.Lukman Suyanto, Yatno, Bpk. Dharsono, Giar, Dwi Agung Wibowo.
Jongkok: Iwan K, M. Ali Sobah, dan Poerwanto.

Pengunjung pameran sedang mengapresiasi karya seni yang dipamerkan.



Sebagian karya yang dipamerkan dalam pameran Artmosfer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar